Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Posdaya

Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Posdaya

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah: menganalisis pola pendampingan Posdaya; menganalisis kepuasan Posdaya terhadap pola pendampingan; dan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap unsur-unsur pen-dampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan Posdaya telah cukup mampu meningkatkan kemampuan pengurus dalam mengelola dan memajukan Posdaya. Berdasarkan analisis tingkat kesesuaian, pengurus menilai bahwa unsur-unsur atau atribut-atribut pendampingan memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi. Pada pengurus, program-program yang dilaksanakan (pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan) memiliki tingkat kesesuaian yang cukup sampai tinggi, sementara pada anggota tingkat kesesuaian berada pada kategori sedang sampai tinggi. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan pengurus puas terhadap pola pendampingan yang dilakukan, sementara anggota berada pada kategori cukup puas.

Kata kunci: posdaya, indeks kepuasan masyarakat, pemberdayaan

Customer Satisfaction Index for Family Empowerment Program

Abstract

The objectives of this study are to analyze the Posdaya (family empowerment) community development pattern; analyze the satisfaction of such pattern; and the customer satisfaction for the community development involvement. The study reveals that Posdaya Community Development able to increase the management performance in managing and developing Posdaya to be better. According to adjustment analysis, the management considers that the elements or attributes of accompaniment has a high level of adjustment. The programs that are implemented (education, health, economic, and environmental) for the management, has a high sufficient level of adjustment, while for the member, the level of adjustment in the category of moderate to high. Customer satisfaction index analysis reveals that the management satisfied with the implementation of community development, while the member in the category of moderate. Keywords: family empowerment, customer satisfaction, empowerment